Rabu, 02 Mei 2012

perkembangan teknologi komunikasi


IMPLEMENTASI TEKNOLOGI KOMUNIKASI

Bab1
Pendahuluan


Penerapan teknologi komunikasi ditentukan oleh sejauhmana teknologi komunikasi mampu membuka akses pada berbagai pelayanan dan jaringan informasi.Teknologi komunikasi disebut juga telekomunikasi.Telekomunikasi berasal dari kata (Tele = jauh) dan (komunikasi = hubungan). Jadi Telekomunikasi berarti hubungan melalui jarak jauh. Proses implementasi (penerapan) teknologi komunikasi merujuk pada model inovasi dalam buku “communication Tecnology “, The New Media in Society diperkenalkan oleh Everett M.Rogers.
Implementasi dapat diartikan sebagai seluruh kegiatan yang dilakukan untuk menggunakan teknologi komunikasi. Implementasi sendiri secara harfiah berarti penerapan. Dalam prakteknya, penerapan teknologi komunikasi harus didahului oleh penguasaan keterampilan mengoperasikan teknologi komunikasi tersebut. Karena tanpa keterampilan menguasai teknis, suatu teknologi komunikasi tidak akan mungkin diterapkan oleh seseorang. Hal ini mengisyaratkan teknologi komunikasi sebuah inovasi.
Teknologi komunikasi merupakan sistem teknologis dan untuk pemakaiannya manusia perlu mengaturnya sesuai dengan nilai – nilai yang diisyaratkan oleh teknologi komunikasi itu sendiri.Nilai – nilai itu bisa bertentangan dengan nilai yang telah ada atau dianut oleh suatu masyarakat.Hal inilah yang menyebabkan penerapan teknologi komunikasi sering melahirkan masalah dalam kehidupan sosial masyarakat.
Implementasi  teknologi komunikasi ditentukan oleh sejauh mana teknologi Komunikasi tersebut mampu membuka akses pada berbagai pelayanan dan jaringan informasi. Semakin banyak pelayanan dan jaringan informasi yang bisa diakses oleh sebuah teknologi komunikasi, semakin banyak pula orang yang mengimplementasikannya.
Implementasi teknologi komunikasi ditentukan oleh sejauh mana teknologi komunikasi mampu membuka akses pada berbagai layanan dan jaringan informasi.

Bab 2
ISI

A. PENERAPAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI

1. Proses Penerapan Teknologi Komunikasi

a. Tahapan Iniasiasi
         Tahapan Inisiasi, yaitu usaha untuk mengumpulkan informasi tentang teknologi komunikasi, memahami dengan seksama dan merencanakan untuk membuat pengadopsian. Tahap ini mempunyai dua tingkat
1.      Tingkatan Agenda Setting
munculnya ide untuk mengadopsi teknologi komunikasi.
2.      Tingkatan Matching
kecocokan teknologi komunikasi dengan kebutuhan dan kemampuan untuk mengadopsi.

b. Tahapan Implementasi
         Tahapan Implementasi, yaitu seluruh kegiatan dan aktifitas yang dilakukan untuk menggunakan teknologi komunikasi yang diinginkan
1.      Tingkatan Redefining
yaitu mengatur, menyusun dan memodifikasi struktur lembaga/mentalitas dan kebiasaan individu untuk keperluan teknologi komunikasi.
2.      Tingkatan Clarifying
yaitu meyakinkan pada anggota baru atau individu tentang seluk beluk teknologi komunikasi yang dimaksud.
3.      Tingkatan Routinizing
yaitu teknologi komunikasi sudah diketahui secara jelas dan sudah menjadi bagian dari infrastruktur dari organisasi ataupun sebagai pelengkap dalam kehidupan sehari-hari.
Implementasi teknologi komunikasi memaksa individu untuk melakukan suatu adaptasi agar dapat melewati prosesnya dengan baik.Adaptasi tersebut adalah penyesuaian nilai-nilai yang dibawa teknologi komunikasi dengan kondisi sosio-kultural dimana individu tersebut tinggal.
c. Proses Tentang Penerapan Teknologi Komunikasi

Suatu organisasi/lembaga pengguna teknologi komunikasi memandang penerapan teknologi komunikasi sebagai :
1.Manajemen Sistem
Yaitu merupakan upaya / usaha untuk mengoptimalkan hasil dari suatu system organisasi,perubahan yang dianggap sebagai suatu proses yang turun dari atas ke atas

2. Proses Birokrasi
Yaitu merupakan usaha untuk mengubah kebijakan suatu lembaga, berdasarkan persepsi (opini/pendapat) manajemen puncak. Dan perubahan ditentukan pembuat dan pengambil keputusan.

3. Pengembangan Organisasi
Yaitu merupakan usaha untuk memenuhi keinginan /harapan individu dan komunitas yang muncul /timbul akibat adanya dorongan untuk meningkatkan partisipasinya.

4. Proses Tawar Menawar
Yaitu merupakan hasil proses tawar menawar yang pada akhirnya akan menghasilkan jalan keluar yang kompromi

Perspektif tentang penerapan teknologi komunikasi adalah :
1.      Teknosentrik, pada bagian ini memandang bagaimana teknologi mengubah masyarakat. terciptanya suatu perubahan dan dianggap sebagai faktor yang dominan yang focus terhadap kapasitas dan tersedianya teknologi.
2.      Sosiosentrik, yaitu Bagaimana lingkungan yang ada menciptakan teknologi, dimana   teknologi ada karena kebutuhan sosial.focus pada situasi social yang terdapat pada sebuah lemabaga / organisasi . contoh : isu isu social dan perubahan social.

3.      Konflik yaitu dimana teknologi dapat muncul karena konflik kepentingan atau kebijakan politik. tertuju pada proses pengambilan keputusan . misalnya : untuk menyelesaikan suatu konflik dibutuhkan penyelesaian dengan cara politik. Contoh : TV Digital.
4.      Desain Sistem. Dari tiga sistem yang telah ada dapat mengubah kebiasaan masyarakat, karena dari tiga sistem tersebut dapat menciptakan teknologi baru.tertuju mulai dari teknologi , social , budaya dan politik, yang dikenal dengan sebutan “Siklus Kehidupan Sistem”.


B.     Pelaku Teknologi Komunikasi

1.            Pemakai
Pemakai yang disebut User dalam sebuah computer, pemakai membutuhkan penyaluran dan penyampaian informasi yang membutuhkannya.Semakin lama semakin meningkat dalam jenis serta volumenya.

2.            Perusahaan penyedia jasa telekomunikasi
Perusahaan penyedia jasa telekomunikasi : pemberi jasa telekomunikasi dengan kualitas dan harga yang pantas dan bertanggung jawab dalam penyampaian yang efisien,cepat dan relatif murah.
                  Contoh : Warung Telekomunikasi (Wartel)
3.            Produsen peralatan komunikasi
Produsen Peralatan komunikasi : perusahaan yang menghasilkan peralatan komunikasi dengan kualitas yang baik serta dapat memenuhi kebutuhan yang semakin meningkat dan bervariasi.

4.            Badan pengatur
Pengkoordinir seluruh kegiatan komunikasi dari segi ekonomis dan teknis dalam mengadakan peraturan, standar, harga patokan dan lain-lain. Mengeluarkan peraturan dan persyaratan yang standar pelaksanaannya berdasarkan pengalaman, tingkat teknologi yang ada, perkiraan perkembangan teknologi yang dicapai oleh industri, sehingga kebutuhan dapat terpenuhi dengan ongkos yang murah.
Implikasi dan perkembangan teknologi komunikasi interaktif tergantung pada individu yang terlibat dalam komunikasi interaktif.Dengan adanya komunikasi interaktif setiap individu dapat mengontrol dan memilih setiap informasi yang diterimanya, serta dapat menyampaikan informasi ke siapapun yang diinginkannya.

Metode penyampai Informasi
Penyampaian informasi dapat dibedakan atas :
1.      Komunikasi dari titik ke titik (point to point)

Informasi dari satu sumber hanya disampaikan pada satu penerima
Telekomunikasi jenis ini adalah sistem telephone,yaitu komunikasi suara yang menghasilkan hubungan satu tempat dengan tempat lain dalam waktu yang hampir bersamaan walaupun dengan jarak yang sangat jauh.
Keuntungan point to point
a.       Sifatnya dua arah, sehingga pengiriman dan penerimaan informasi dapat dilakukan pada saat yang bersamaan
b.      Jaringan telephone adalah jaringan yang paling besar ,komunikasi dapat melewati negara dan waktu
c.       Biaya lebih hemat dan banyaknya manfaat yang bisa diperoleh.

2.      Komunikasi dari satu titik ke segala penjuru (broadcasting)
Informasi dapat diambil oleh siapapun yang membutuhkannya. Informasi dari sumber disebarluaskan ke semua penerima

C.     Implikasi Di Bidang Persuratkabaran

Penggunaan teknologi komunikasi pada surat kabar diantaranya adalah :
1.      Cetak jarak jauh
2.      Online communication
3.      Homepage on web (surat kabar di internet)



D.    Implikasi dibidang penyiaran

Kemajuan teknologi komunikasi di bidang penyiaran dapat berakibat pada :
1.      Semakin banyaknya pilihan informasi yang dapat diakses
2.      Membuat setiap individu dapat berpikir dan berperilaku global
3.      Terjadinya komersialisasi penyiaran
4.      Menjadikan masyarakat sebagai pengikut trend dan gaya hidup yang dipromosikan oleh radio dan televisi tanpa memandang hal tersebut baik/buruk apabila dilihat dari segi norma dan budaya

E.     Implikasi dibidang hubungan masyarakat

1.      Berubahnya hubungan masyarakat
2.      Transformasi kehidupan bermasyarakat
3.      Perubahan sistem nilai dan norma
4.      Penyerahan otoritas diri pada teknologi komunikasi
5.      Ekspansi kultural yang mendorong terjadinya kolonisasi oleh negara penghasil teknologi komunikasi terhadap negara pemakai teknologi komunikasi

B. Penerapan dari Teknologi Komunikasi oleh Masyarakat

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi Implementasi Teknologi komunikasi berhasil, bahkan cepat berkembangnya teknologi komunikasi tertera di masyarakat dan menjadi kebutuhan mereka.Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktifitas yang dibutukan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya.Teknologi Informasi dan Komunikasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya.
Seperti kegiatan belajar berjaringan memerlukan dukungan teknologi informasi dan komunikasi. Teknologi komunikasi dan informasi sebagai suatu produk dan proses telah berkembang sedemikian rupa sehingga mempengaruhi segenap kehidupan dalam berbagai bentuk aplikasi


Beberapa penerapan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi bisa dalam perusahaan, dunia bisnis, sektor perbankan, pendidikan, dan kesehatan.
o   Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perusahaan Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi banyak digunakan para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi menyebabkan perubahan bada kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan, cara lama kebanyakan
o   Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Bisnis Teknologi Informasi dan Komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet.
o3. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perbankan Dalam dunia perbankan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening.
o   Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seirng perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari sering dijumpai kombinasi teknologi audio/data, video/data, audio/video, dan internet. Internet merupakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi ebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.
o   Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kesehatan Sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien. Digunakannya robot untuk membantu proses operasi pembedahan serta penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien.
Bab 3
          Kesimpulan
Penerapan Teknologi komunikasi Tergantung atas akses jaringan informasi dimasing-masing daerah dan penerapan teknologi komunikasi harus didahului oleh penguasaan skill mengoperasikan teknologi komunikasi tersebut. Karena tanpa keterampilan menguasai teknis, suatu teknologi komunikasi tidak akan mungkin diterapkan oleh seseorang. Maka diberlakukanlah penerapan program pembelajaran TIK (teknologi informasi dan komunikasi)demi terus berkembang dan meluasnya teknologi komunikasi terutama untuk akses informasi dan pendidikan.
Saran
Seperi yang dijelaskan di atas bahwa Implementasi Teknologi komunikasi adalah suatu usaha penerapan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi untuk kebutuhan masyarakat akan kemudahan mencari informasi dan demi terus berkembangnya teknologi komunikasi. Namun faktanya pola penggunaan teknologi komunikasi seperti terjadi di Indonesia banyak berdampak buruk seperti Penggunaan akses internet yang tidak sesuai, tdk bermoral, bahkan hanya di jadikan lahan untuk usaha penipuan dan penculikan bagi kaum kriminal.

 Referensi
http://nurmasetiana.blogspot.com/2011/10/implementasi-teknologi-komunikasi.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar